Senin, 21 November 2011

POLA LENGAN KOP

Untuk membuat pola lengan kop sangatlah mudah, pertama jiplak pola dasar lengan, buat garis vertikal membelah lengan pas ditengah, buat gatis horisontal kira kira sejajar dengan lengkung lingkar lengan, kemudian gunting garis vertikal tadi sampai perpotongan dengan garis horisontal kemudian gunting kekiri dan kekanan sampai kepinggir tapi jangan sampai putus.
Ambil kertas pola, tempelkan pola lengan tadi dengan menaikkan keatas bagian kiri kanan lengan yang telah kita potong tadi sepanjang 5 cm dari titik tengah, buat garis lengkung untuk menyatukan potongan yang telah kita tempel tadi. Nah pola lengan kop sudah siap digunakan. 
Kalo masih belum jelas silahkan lihat gambar dibawah ini !


POLA LENGAN LONCENG DAN POLA LENGAN POF

Pola lengan lonceng dan pola lengan pof sebenarnya sama saja, hanya bedanya terletak pada kerutan dibagian bawah lengan, jika dikerut akan menjadi lengan pof sedangkan jika tidak dikerut akan menjadi lengan lonceng. 
Cara menggambar polanya, jiplak pola dasar lengan, bagilah menjadi 6 bagian sama besar, gunting garis hasil bagi tadi secara vertikal dari bagian bawah lengan menuju bagian atas lengan tapi jangan sampai putus. 
Ambil kertas pola lain, buat garis lurus vertikal, tempel bagian tengah lengan (tempel sedikit ujung bagian atas, lalu tariklah kesamping kiri dan kanan sepanjang 2 cm dan tempel, lanjutkan pada potongan berikutnya beri jarak 4 cm dan tempel.
Setelah tertempel semua bagianya buat garis melengkung dibagian bawah lengan untuk menyatukan semua bagiaanya. Pola lengan lonceng / pola pengan pof siap digunakan. 

Masih belum jelas? Silahkan lihat aja gambar berikut ini!



POLA KERAH SETENGAH TEGAK MENURUT MODEL

Untuk membuat pola kerah setengah tegak menurut model seperti gambar dibawah ini, kita tinggal menyesuaikan saja sesuai model / bentuk kerah yang kita inginkan





baca juga artikel berikut ini

Minggu, 20 November 2011

POLA KERAH SELENDANG / KERAH SHAWL

Berikut adalah cara menggambar pola kerah selendang / kerah shawl, semoga bisa membantu teman-teman yang baru belajar menjahit, pokoknya jangan putus asa untuk mencoba... SUKSES YA...!!!




POLA KERAH REVER / KERAH BLUS WANITA

Dalam menggambar pola kerah rever / pola kerah blus wanita dibuat dua bagian, bagian bawahnya digambar menyatu dengan pola badan bagian muka, sedangkan pola bagian atasnya dibuat tersendiri, untuk lebih jelasnya mengenai cara menggambar pola kerah rever silahkan simak gambar dibawah ini





POLA KERAH SHANGHAI


Bagi yang belum tau caranya membuat pola Kerah Shanghai, gak usah kuatir, disini aku mau berbagi cara menggambar pola kerah shanghai seperti yang kalian butuhkan. Cara menggambar polanya sangat mudah, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengukur lingkar leher baju yang akan dibuatkan pola kerahnya setelah ketemu dibagi dua, nah selanjutnya ikuti aja petunjuk dalam gambar dibawah ini, selamat mencoba....semoga sukses ya...!!!!







POLA KERAH KEMEJA

Kerah kemeja termasuk dalam salah satu bentuk kerah tegak, oleh karena itu dalam membuat polanya yang dibutuhkan bukan pola badan depan dan belakan seperti halnya pola kerah rebah, tapi yang dibutuhkan dalam membuat pola kerah kemeja ini adalah ukuran lingkar leher setelah itu buatlah polanya seperti gambar cara membuat pola kerah kemeja seperti berikut ini :


Rabu, 16 November 2011

POLA KERAH SETENGAH TEGAK


Cara menggambar pola setengah tegak hampir sama dengan pola tegak, karena pola setengah tegak ini adalah bagian dari variasi pola tegak. Seperti halnya pola tegak, yang dibutuhkan dalam menggambar pola setengah tegak ini bukalah pola badan depan dan belakang seperti pada cara menggambar pola rebah, tapi yang dibutuhkan hanya ukuran lingkar leher baju yang akan dibuat pola kerahnya. Cara menggambarnya silahkan lihat gambar berikut ini :

POLA KERAH TEGAK





Disain kerah tegak dapat di­lihat pada model dibagian leher, kerah melekat pada leher dan pada garis bahu di mana kerah jatuh, garis balikan kerah dari bela­kang kemuka dan garis bahu merupakan Sudut tumpul. Cara menggambar konstruksi pola kerah tegak tidak memerlukan pola da­sar badan, cukup ukuran lingkar leher, di mana kerah akan dipasang. Lihat konstruksi pada contoh berikut:

KERAH SETENGAH REBAH DENGAN LEHER YANG DIBESARKAN

Berikut ini cara menggambar pola krah rebah dengan bentuk leher yang lebar, bingung nih mau ngejelasinnya dari mana, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini aja ya...! 

POLA KERAH SETENGAH REBAH PAS LEHER


  1. Leher di T.M. diturunkan 1 cm, karena leher pola jatuhnya agak kecil, terus digambar seperti kerah rebah 100%. Garnbar pola bagian muka, titik jatuhnya kerah lebih mencondong kerebah.
  2. Untuk jatuhnya kerah lebih mencondong ke tegak, leher baru untuk konstruksi kerah diturunkan 4 a 6 cm menurut tumpukan pola di bahu. Ukur sekali lagi leher kerah, kemudian garnbar bentuk kerah yang diinginkan.



POLA KERAH REBAH

Kerah rebah ialah kerah yang pada gambar model (disain) nampak jatuhnya pada bahu sebagian besar sejajar garis bahu. Kerah rebah ini disebut pula kerah tidur atau kerah pipih atau kerah Peter Pan.
Pola rebah digambar dengan menggunakan pola dasar badan muka dan belakang dan bahu terendah ditumpuk 2 cm, untuk mencegah bergelombangnya tepi kerah pada waktu dijahit, sebab mulurnya tepi kerah yang melengkung selalu terjadi. Ujung kerah dapat bervariasi, bulat, runcing dan Iain-Iain. 
Bila pada model kelihatan kerah sama lebar dari bahu sampai ke tengah muka, pada pola harus digambar se­lalu satu sentimeter lebih besar dari tengah belakang untuk mendapat yang sama lebar seperti model (ini adalah hukum alam, dua garis yang jalannya sama jauh, atau sejajar se­perti rel kereta api, kalau dilihat dari jauh menjadi berdekatan). Kalau pada model lehernya dibesarkan, kerjakan lebih dahulu, baru kemudian gambar kerahnya.


Kamis, 27 Oktober 2011

Jenis-Jenis Kancing


Kancing mempunyai model dan ukuran yang bervariasi. Selain berfungsi sebagai penutup belahan, kancing juga bisa berfungsi sebagai hiasan busana. Ukuran dan model kancing yang beraneka ragam memungkinkan kita dapat memilih kancing yang sesuai dengan pakaian yang dibuat. Kancing ada beberapa macam, antara lain :

Rabu, 19 Oktober 2011

Tips memilih busana bagi yang berpinggul besar


Busana yang cantik dan terlihat sangat sempurna dipakai oleh orang lain, belum tentu hasilnya akan sama jika kita yang memakainya. Untuk bisa tampil maksimal kita harus menyesuaikan model busana yang kita kenakan dengan bentuk tubuh kita. Tujuannya jelas yaitu untuk menyamarkan kekurangan kita. Buat yang berpinggul besar berikut adalah tips memilih busana bagi anda :

memperbesar payudara dengan stem cell augmentation


Perempuan punya beragam cara untuk memperindah tubuh. Salah satu yang cukup populer adalah operasi pembesaran payudara. Kini ada opsi untuk mempercantik dua aset tersebut tanpa harus menggunakan pisau bedah.

TIP HEMAT BERBUSANA MUSLIM

Hemat bukan berarti mengurangi kecantikan penampilan kita, dengan satu busana dasar hitam kita bisa tampil dengan berbagai macam gaya yang berbeda. Caranya siapkan satu busana muslim terusan berwarna hitam polos plus jilbab hitam dan sepatu hitam, padu padankan dengan bermacam-macam blus atasan yang longgar seperti foto dibawah ini. Nah gimana....? cantik dan hemat bukan? 

Kamis, 06 Oktober 2011

Rok Panjang bersyabo ditengah ; Rok Padanan Kebaya (2)

Rok panjang bersyabo ini akan menambah kecantikan anda dalam mengenakan kebaya andalan anda saat ke pesta, berikut ini langkah-langkah membuat pola dan menjahitnya, selamat mencoba... 

KEBAYA SEMI KLASIK YANG TAMPIL MODERN DAN ELEGAN


Berikut adalah contoh model kebaya semi klasik yang tampil modern dan elegan. Sangat cocok untuk dikenakan wanita setengah baya pada acara-acara resmi.

Senin, 03 Oktober 2011

GAUN CANTIK FIGUR MENARIK



LADY Gaga pernah mengatakan, semua gaun diciptakan dengan indah oleh desainernya, Jika ada gaun yang jatuhnya tidak bagus, itu terjadi karena si pemakai memang tidak cocok mengenakannya. Nah, agar tidak salah pakai gaun dan menjadi hujatan fashion police, kita harus mengenal bentuk tubuh, lalu mencari potongan dress yang sesuai. Berikut contoh suksesnya.

SUNTIK VITAMIN C TIDAK MEMUTIHKAN KULIT


KULIT yang asalnya hitam atau sawo matang bisa di putihkan dengan suntik vitamin C. Mungkin sebagian perempuan mempercayai pendapat itu. Tetapi, Anda harus tahu, pendapat tersebut termasuk satu di antara sekian banyak "salah kaprah" yang telanjur berkembang di masyarakat.

Minggu, 02 Oktober 2011

TIPS TAMPIL CANTIK BUAT YANG BERTUBUH GEMUK



Cara mendandani wanita  bertubuh gemuk adalah bagaimana membuat meleka tampil penuh percaya diri. Dengan menutupi kekurangannya; Sehinggan mereka bisa tampil dengan yakin dan tetap kelihatan cantik
Bagi Anda yang memiliki ukuran tubuh XL ada banyak cara untuk tampil mempesona. Di bawah ini, ada empat kata kunci yang dapat membantu penampilan Anda lebih menarik:

MACAM-MACAM MODEL BAJU HAMIL


Bahan yang cocok untuk busana perempuan hamil adalah bahan yang dapat menyerap air, sehingga memberikan rasa nyaman pada si pemakai. Model busana terusan cocok dibuat dari bahan yang bertekstur sedang, tidak tebal tetapi juga tidak terialu tipis. Pilihan motif dapat menggunakan bahan bermotif kembang atau bahan polos. Untuk busana hamil yang dibuat dari bahan polos, dapat ditambahkan variasi seperti renda, bordir, sulaman, dan pemanis atau aksen lainnya.
Model atas berupa blus yang dipadukan dengan rok, celana panjang, atau kulot dapat dibuat dari bahan yang sama (setelan) atau bahan yang berbeda, tetapi merupakan pasangan dengan kombinasi yang serasi. Untuk bahan blus, pilihlah yang tipis, sedangkan untuk rok, celana, atau kulot dibuat dari bahan yang tebal.
Pilihan jenis bahan tergantung pada tujuan pemakaiannya. Untuk pemakaian sehari-hari dapat menggunakan bahan katun kembang berwarna cerah. Model blus sangat cocok dibuat dari bahan yang bercorak kecil, sedangkan baju terusan bisa dibuat dari bahan yang bercorak lebih besar.
            Busana untuk bepergian dibuat dari bahan yang lebih halus (mahal)seperti bahan ciffon.Rok, celana, dan kulot dibuat dari bahan yang tebai, tetapi tidak kaku seperti bahan tropical. Untuk acara khusus atau pesta, pilihan bahan harus istimewa, seperti sutera atau bahan yang berkesan mewah.

CO PARENTING SOLUSI ASUH ANAK PASCA CERAI



BANYAK pasangan yang akan bercerai bingung, terutama soal anak. Kedua pihak sama-sama ingin menghabiskan waktu sebanyak-banyaknya bersama buah hati. Karena itu, sulit membuat sebuah kesepakatan yang dirasa adil bagi kedua pihak.
Cara terbaik untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan anak-anak adalah menghabiskan waktu sebanyak-banyaknya dan sebisanya. Co-parenting atau mengasuh anak bersama meski telah bercerai adalah cara terbaik untuk mempertahankan kontak reguler dengan anak-anak.

Jumat, 30 September 2011

MACAM - MACAM MODEL HIGH HEELS


Model sepatu yang dipakai seseorang memang bisa mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan. Bagi mereka yang mempunyai masalah pada tinggi badan, pemakaian high heels akan sangat menunjang penampilan mereka.
Pernah nonton serial drama boys before flower? pasti ingat donk  pada adegan ini. Saat Han Seo-hyun, mantan kekasih yoon Ji-ho, menyelamatkan Geum Jan-di yang saltum disuatu pesta yang juga dihadiri F4. Seo-hyun melakukan make over pada Jan-di. Kata Seo-hyun, sepatu yang cantik akan membawamu pada tempat yang indah pula.
Model sepatu high heels ada berbagai macam diantaranya sebagai berikut:

Selasa, 27 September 2011

MACAM-MACAM BENTUK LENGAN BAJU


           Lengan baju adalah salah satu bagian dari pakaian yang berfungsi untuk menutupi lengan, ada bentuk lengan pendek, tiga perempat dan lengan panjang. Macam-macam lengan tersebut adalah sebagal berikut:

KETERANGAN GAMBAR LENGAN
  • A - Lengan kimono, lengan yang digunting setali dengan bagian badan.
  • B - Lengan suai, lengan pas tanpa kerut pada bahu disebut pula lengan licin.
  • C - Lengan puff, lengan pendek berkerut pada bagian bahu dan lengan bawah.
  • D - Lengan cape, lengan berbentuk setengah lingkaran, dipasang tanpa kerut di bagian kerungnya.
  • E - Lengan slit, lengan dengan belahan di pertengahan lengan, memakai sehelai ban sempit pada garis lengan bawah.
  • F - Lengan peasant, lengan panjang tiga perempat penuh kemt-kerut pada bahu dan lengan bawah.
  • G - Lengan raglan, lengan ini mempunyal garis lengan dari kerung leher, ini merupakan ciri khas dari lengan tersebut.
  • H - Lengan dolman, mempunyai kerung lengan agak dalam dan longgar. garis kerung lengan mulai dari bahu sampai tujuh setengah cm di atas garis pinggang.
  • I - Lengan kemeja, lengan panjang dengan sedikit kerut pada pergelangan tangan dan manset.
  • J - Lengan bishop, lengan licin pada bahu dan gembung pada bagian bawah. panjang sampai pergelangan tangan dengan manset lebar.
  • K - Lengan balon, lengan gembung pada bagian pertengahan  panjang lengan sehingga  menyerupai balon.
  • L - Lengan lanceng, lengan licin pada bahu dan mengembang pada bagian bawah, panjang bervariasi.


MACAM - MACAM BENTUK GARIS LEHER




Dalam membuat desain busana ada banyak pilihan garis leher yang bisa kita pakai, berikut adalah contoh-contoh garis leher yang sering digunakan dalam model-model busana saat ini

MACAM-MACAM BENTUK KERAH BAJU


      Kerah adalah  bagian  dari sebuah   pakaian, yaitu bentuk bagian terpisah untuk menyelesaikan garis leher. Bentuk kerah ada bermacam-macam, menurut bentuk dasarnya  ada kerah rebah, kerah setengah berdiri, dan kerah tegak  atau berdiri. Bentuk kerah ada 15.

Senin, 26 September 2011

MACAM-MACAM MODEL JAKET



Jaket adalah pakaian yang dipakai diatas gaun atau rok dan blus. Panjang jaket bervariasi mulai dari yang pendek di atas garis pinggang sampai batas garis pinggul. Contoh macam-macam model jaket adalah sebagai berikut :

MACAM-MACAM MODEL BLUS / KEMEJA


Blus atau kemeja adalah pakaian bagian atas baik berlengan pendek, tanpa lengan, maupun lengan panjang. Blus ada ber macam-macam jenisnya, berikut ini adalah contoh macam-macam jenis blus :

Minggu, 25 September 2011

POLA GAMIS DENGAN KERAH SYAL

Sumber : Buku Pintar Menjahit Untuk Pemula karya Nur Astri Damayanti - Hj. Tati Chusen


Ingin bisa menjahit gamis sendiri tapi gak tau cara bikin polanya? gak usah khawatir disini saya akan menjelaskan cara membuat pola gamis yang bentuknya sederhana (dasar). Jadi jika teman-teman ingin menambahkan variasi/detail hiasan tinggal menambahkan sendiri aja sesuai model yang teman-teman inginkan. Ok, yuk kita langsung aja buat polanya :

Kamis, 22 September 2011

Menjahit Baju Santai Sendiri

                                                         
sumber : buku Pintar Menjahit Untuk Pemula karya Nur Astri Damayanti - Hj. Tati Chusen hal 47.

Yuk menjahit baju santai sendiri, baju santai model terusan selutut dengan lengan lonceng  pendek dan  kerah sabrina ini sangat cocok untuk latihan bagi yang baru belajar menjahit

Senin, 19 September 2011

Pola Blus luar dengan belahan asimetris



Blus luar dengan belahan asimetris ± 7 atau 8 cm dari garis tengah muka, panjang blus ± 25 cm dari garis pinggang atau 10 cm dari garis panggul. Memakai kerah board dan lengan kop poff dengan panjang ¾ lengan. Pada ujung lengan ada bis yang ujungnya diikat. Mempunyai kup pinggang dan kup sisi.

Pola Blus dengan kerah ½ rebah





Blus luar dengan kerah ½ rebah, memakai garis princes dari bahu melewati kup dan lengan sesuai pendek. Panjang blus ± 10 cm dari garis panggul. Panjang lengan ± 25 cm dan krah pas pada garis leher dasar. Pakaian ini dapat dipakai untuk  kesempatan resmi seperti ke kantor.

POLA ALAS LIUR / MAKAN BAYI





Selasa, 06 September 2011

MACAM - MACAM MODEL BAJU KERJA WANITA






Setelan rok model tumpang / wrap over blus yang divariasikan dengan garis lengkung di dada.
Bahan yang disarankan Crepe de Chine, georgette

Senin, 22 Agustus 2011

TAMPIL MEMUKAU TANPA GARIS CELANA DALAM YANG MENONJOL



Tiap kali melihat para selebriti, rasa iri pasti melanda, bagaimana tidak, penampilan mereka sungguh tanpa cela. Sudah bajunya bagus, mereka seolah tidak punya masalah  seperti yang dialami orang kebanyakan. Misalnya, burket, tali bra yang menonjol di balik gaun, sampai lemak yang melambai di bawah busana. Eh, kita pun bisa seperti mereka, asal tahu rahasianya saja.



Gaun Alexander Wang membalut Kate Hudson dengan sempurna tanpa garis celana dalam yang mengintip. Apakah dia tidak pakai underwear? Tentu  pakai. Tetapi, dia memilih celana  model thong yang tidak menutup bagian Bokong. Bahannya pun dari katun sehingga lebih melekat dengan kulit.


ARTIKEL TERKAIT :
  1. Tips aman pakai baju yang mengekspose belahan dada
  2. Tips agar paha terlihat lebih kencang saat memakai rok mini
  3. Tips menghindari burket dan noda dibaju
  4. Tampil memukau tanpa tali bra yang menonjol


TIPS AMAN PAKAI BAJU YANG MENGEKSPOSE BELAHAN DADA






Tiap kali melihat para selebriti, rasa iri pasti melanda, bagaimana tidak, penampilan mereka sungguh tanpa cela. Sudah bajunya bagus, mereka seolah tidak punya masalah  seperti yang dialami orang kebanyakan. Misalnya, burket, tali bra yang menonjol di balik gaun, sampai lemak yang melambai di bawah busana. Eh, kita pun bisa seperti mereka, asal tahu rahasianya saja.



Low cut dress seperti milik  Mila Kunis cantik plus bisa mengekspos cleavage yang  seksi tetapi, Juga beresiko karena jika salah bergerak, yang terlihat bukan hanya belahan dada. Untuk menghindarinya, pakai plester yang bisa merekatkan bagian dalam baju dengan kulit, dijamin baju tidak lari ke mana-mana  


ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tampil memukau tanpa garis celana dalam yang menonjol
  2. Tips agar paha terlihat lebih kencang saat memakai rok mini
  3. Tips menghindari burket dan noda dibaju
  4. Tampil memukau tanpa tali bra yang menonjol


    

TIP AGAR PAHA TERLIHAT LEBIH KENCANG SAAT MEMAKAI ROK MINI





Tiap kali melihat para selebriti, rasa iri pasti melanda, bagaimana tidak, penampilan mereka sungguh tanpa cela. Sudah bajunya bagus, mereka seolah tidak punya masalah  seperti yang dialami orang kebanyakan. Misalnya, burket, tali bra yang menonjol di balik gaun, sampai lemak yang melambai di bawah busana. Eh, kita pun bisa seperti mereka, asal tahu rahasianya saja.



Mau pakai rok pendek seperti Mandy Moore, tak semua percaya diri. Apa lagi penyebabnya kalau bukan tumpukan  lemak yang melambai. Kenakan saja short dari lycra  yang membungkus ketat paha ini. Karena bahannya elastis, meski ketat, tetap nyaman dipakai. Ada pula yang berbentuk bodycon, yang  efektif membungkus perut dan pinggul 


ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tampil memukau tanpa garis celana dalam yang menonjol
  2. Tips aman pakai baju yang mengekspose belahan dada
  3. Tips menghindari burket dan noda dibaju
  4. Tampil memukau tanpa tali bra yang menonjol



     

TIPS MENGHINDARI BURKET DAN NODA DIBAJU

Tiap kali melihat para selebriti, rasa iri pasti melanda, bagaimana tidak, penampilan mereka sungguh tanpa cela. Sudah bajunya bagus, mereka seolah tidak punya masalah  seperti yang dialami orang kebanyakan. Misalnya, burket, tali bra yang menonjol di balik gaun, sampai lemak yang melambai di bawah busana. Eh, kita pun bisa seperti mereka, asal tahu rahasianya saja.



Ingin pakai LBD andalan, tetapi takut bekas deodoran menempel dibaju Jessica Alba tidak pernah lupa membawa skid out, yakni semacam saput bedak terbuat dari spons yang bisa menyerap segala material Misalnya deodoran, bedak, mdupun, pasta gigi. Cukup tekan-tekan di bekas noda di baju, noda pun hilang. Bentuknya mungil sehingga bisa dibawa-bawa dalam tas tangan 


ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tampil memukau tanpa garis celana dalam yang menonjol
  2. Tips aman pakai baju yang mengekspose belahan dada
  3. Tips agar paha terlihat lebih kencang saat memakai rok mini
  4. Tampil memukau tanpa tali bra yang menonjol

  

TAMPIL MEMUKAU TANPA TALI BRA YANG MENONJOL





Tiap kali melihat para selebriti, rasa iri pasti melanda, bagaimana tidak, penampilan mereka sungguh tanpa cela. Sudah bajunya bagus, mereka seolah tidak punya masalah  seperti yang dialami orang kebanyakan. Misalnya, burket, tali bra yang menonjol di balik gaun, sampai lemak yang melambai di bawah busana. Eh, kita pun bisa seperti mereka, asal tahu rahasianya saja.


Tali bra yang menonjol juga big no no bagi para selebriti. Tali mungil itu bisa merusak seluruh outfit. Kenakan bra berbentuk kamisol seperti milik Angelina Jolie. Selain membuat tampilan luar lebih sleek karena tidak bertali, model tersebut bisa menyangga dada lebih kuat.


ARTIKEL TERKAIT

  1. Tampil memukau tanpa garis celana dalam yang menonjol
  2. Tips aman pakai baju yang mengekspose belahan dada
  3. Tips agar paha terlihat lebih kencang saat memakai rok mini
  4. Tips menghindari burket dan noda dibaju




Rabu, 10 Agustus 2011

TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN MANTEL


TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN SWEATER DRESS



Ciptakan siluet ramping membentuk pinggang saat mengenakan sweater dress dengan ikat pinggang yang dipasang pas pinggang



TIPS: pilihlah ikat pinggang bertekstur yang serasi dengan detail rajut. Hindari ikat pinggang skinny yang dapat membuat rajut menggumpal atau tenggelam kedalam rajut

ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan blazer
  2. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan cardigan
  3. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan layer longgar
  4. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan Sweater rajut tebal
  5. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan mantel

Selasa, 09 Agustus 2011

TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN SWEATER RAJUT TEBAL





Shawl collar sweater dan cable cardigan tebal tampak modern dengan ikat pinggang lebar

TIPS : Pilihlah ikat pinggang kokoh model lebar, jahitan kuat pada samping serta bergasper besar. Ikat pinggang kecil tidak cukup kuat untuk menahan sweater rajut tebal

TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN LAYER LONGGAR


Layer longgar akan berubah menjadi boho chic dengan ikat pinggang yang tepat. Saat mengenakan layer rajut atau rajut boxy, buatlah badan berbentuk jam pasir dengan ikat pinggang lebar.



TIPS : Pilihlah ikat pinggang terlebar yang bisa anda temukan. Kenakanlah ikat pinggang rapat diatas layer busana

TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN CARDIGAN



Cardigan yang pas dibadan tampak extra smart dan berkelas dengan tambahan ikat pinggang sempit – skinny


TIPS : Pilihlah ikat pinggang yang lebarnya tidak lebih dari 1 inci. Ikat pinggang yang lebih lebar dari ini terlalu besar untuk cardigan pas badan.

ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan blazer
  2. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan layer longgar
  3. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan Sweater rajut tebal
  4. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan Sweater Dress
  5. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan mantel


TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG UNTUK PADANAN BLAZER


Buat jaket berstruktur (blazer) jadi lebih menarik dan rapi dengan ikat pinggang warna mencolok



TIPS : Pilih ikat pinggang lebar, sedang dan warnanya kontras dengan blazer. Gunakan ikat pinggang cerah pada blazer warna netral. Jika blazer berwarna cerah pilih ikat pinggang warna netral


ARTIKEL TERKAIT :

  1. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan cardigan
  2. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan layer longgar
  3. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan Sweater rajut tebal
  4. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan Sweater Dress
  5. Tips memilih ikat pinggang untuk padanan mantel

Senin, 01 Agustus 2011

CARA MEMBUAT POLA ROK PIAS DUA





Rok pias Rok pias dapat dipakai untuk busana sehari-hari baik untuk kesempatan santai di rumah maupun santai di taman.

CARA MEMBUAT POLA ROK SEMI SPAN

Sama dengan rok span, rok semi span juga sering dipakai untuk pasangan blus atau jas dan blazer yang dipakai untuk busana kerja. Panjang rok bervariasi mulai dari selutut, sampai betis atau sampai mata kaki.

CARA MEMBUAT POLA ROK SPAN



Rok span sering dipakai untuk pasangan blus atau jas dan blazer yang dipakai untuk busana kerja.

CARA MEMBUAT POLA ROK TAPIS LEBAR BAWAH





CARA MEMBUAT POLA ROK SPAN LIPIT 5 BELAKANG
















Minggu, 31 Juli 2011

CARA MEMBUAT POLA ROK KANTUNG LEVIS
















(A)  = Gambar rok dari samping
(B)   = Gambar rok dari depan
(C)  = Gambar rok dari belakang

Kamis, 28 Juli 2011

ROK POLA DASAR


Rok dari Pola dasar merupakan rok yang modelnya seperti pada pola dasar tanpa ada lipit atau kerut. Rok biasanya menggunakan resleting pada bagian tengah muka atau tengah belakang.

CARA MENGURANGI DAMPAK PERRCERAIAN TERHADAP ANAK


Perceraian pasti sangat berdampak pada anak. Bagaimanapun kesepakatan orang tua pasca berpisah, perasaan anak tentu terpengaruh. Menjadi grogi, cemas, kesepian, sedih dan marah. Si anak pun mengetahui orang tuanya sedih dan menahan perasaan negatif itu didalam dirinya.
Anak kerap merasa bahwa dirinya yang menjadi penyebab orang tuanya berpisah. Hingga anak sering mempunyai pandangan yang tak realistis. Yakni bila diri mereka berbuat baik dan tak nakal, orang tuanya tak akan berpisah.

ROK LIPIT ATAS PINGGUL (Rok seragam sekolah SMU)


Rabu, 27 Juli 2011

MACAM -MACAM MODEL ROK




Rok merupakan bagian pakaian yang dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai ke bawah sesuai dengan keinginan. Biasanya rok dipakai sebagai pasangan blus. Desain rok cukup bervariasi baik dilihat dari ukuran panjang rok maupun dari siluet rok.

Selasa, 26 Juli 2011

CARA MEMAKAI SCARF BAGIAN 5 : LILITAN TEBAL





Corak kotak sedang trend. Anda tak akan salah jika menggunakan scarf corak kotak

Senin, 25 Juli 2011

CARA MEMBUAT POLA GURITA BAYI






UKURAN 

Panjang gurita bagian luar......................65 cm
Lebar gurita bagian luar.........................18 cm
Panjang gurita bagian dalam...................50 cm
Lebar gurita bagian dalam......................17 cm

POLA GURITA BAGIAN LUAR




POLA BAJU KEMEJA BAYI


UKURAN :
Lingkar badan  = 50 cm
Panjang dada   = 20 cm
Lebar bahu      = 5 cm

Minggu, 24 Juli 2011

CARA MEMBUAT POLA LENGAN SETALI



Untuk membuat pola lengan setali yang pertama kali harus dilakukan adalah menyiapkan pola dasar pakaian bagian muka dan bagian belakang

Kamis, 21 Juli 2011

CARA MENJAHIT BAJU REMPEL DI DADA DENGAN MUDAH

Berikut ini video cara menjahit baju dengan hiasan rempel di bagian dada yang aku ambil dari You tube, cara menjahitnya sangat sederhana dan mudah. Jadi sangat sesuai untuk teman-teman yang baru belajar menjahit. Tertarik.....?!!! Langsung aja lihat videonya dibawah ini

CARA MENJAHIT KORSET STYLIST DENGAN MUDAH


Berikut ini video cara menjahit stylist korset yang aku ambil dari You tube, cara menjahitnya sangat sederhana dan mudah. Jadi sangat sesuai untuk teman-teman yang baru belajar menjahit. Tertarik.....?!!! Langsung aja lihat videonya dibawah ini


Selasa, 19 Juli 2011

Berbagai Macam Contoh Model Kebaya Modern



Bagi yang kebingungan untuk menentukan model kebaya yang akan dijahit, berikut saya berikan gambar berbagai model kebaya modern yang mungkin bisa menjadi referensi anda. Model-model kebaya berikut ini saya ambil dari bukunya Sonny Poespo, semoga bisa memberikan inspirasi kepada anda mengenai model kebaya yang akan anda jahit. Silahkan Klik gambar untuk memperbesar.

Senin, 18 Juli 2011

TIPS HEMAT BERBUSANA DENGAN SATU BUSANA DASAR HITAM POLOS

LBD (little Black dress) merupakan salah satu contoh dari basic garment atau pakaian polos yang tidak berfitur desain sehingga fleksibel dikombinasikan. Berikut ini adalah tip-tip padu padan LBD sehingga bisa digunakan untuk berbagai kesempatan yang berbeda.

Senin, 11 Juli 2011

CARA MEMBALIK UJUNG KERAH / UJUNG JAHITAN YANG LANCIP DENGAN RAPI

Sebagai penjahit pemula yang baru belajar menjahit kerah, kadang kita kesulitan untuk membalik jahitan di ujung kerah / bagian lancip kerah terutama kerah kemeja. Disini saya akan membagi tips membalik ujung kerah agar hasilnya rapi dan lancip maksimal
  • pertama-tama siapkan jahitan kerah yang akan dibalik dan sebuah jarum jahit yang sudah dipasangi benang 
  • Rapikan ujung kerah dengan cara mengguntung menyerong agar jika dibalik tidak tebal di ujungnya.
  • Tusukkan jarum ke ujung kerah dari bagian dalam kebagian luar (gambar 1)
  • Setelah itu tusukkan jarum kebagian dalam dengan sedikit jarak dari tusukan pertama dan usahakan tusukan tersebut tepat berada di ujung lancip jahitan (gambar 2)
  • balik kerah dengan cara biasa, setelah sampai di ujung jahitan tariklah benang yang telah kita tusukkan tadi sampai maksimal (gambar 3)
  • Jadilah kerah yang ujungnya rapi dan lancip maksimal (gambar 4)